Laa Tahzan, Innallaha Ma'a Naa

Rabu, 23 Mei 2012

Menjadi Hamba yang Dicintai Allah


Bagaimana perasaan kita jika dicintai oleh Allah sang Pencipta Alam Semesta ini. Pasti kita merasa bahagia, jangankan dicintai sang Pencipta, dicintai oleh pujaan hati kita yang berupa makhluk ciptaan-Nya saja kita sudah merasa bahagia. Namun yang jadi pertanyaan mendasar apakah kita sudah berusaha agar bisa dicintai Allah? Karena hamba-hamba tertentu saja yang mendapatkan mahabbah dari Allah. Banyak ayat Al-Qur’an yang menerangkan siapa saja hamba yang di cintai Allah. Inilah para hamba yang dicintai Allah:
1.      Mukhlashin
Hamba ini adalah hamba Allah yang ridho dan ikhlas menjalankan semua perintah-Nya. Semua itu dikarenakan mereka menjadikan Allah dan Rasul-Nya sebagai cinta utama (al-mahabbatul ula) melebihi cintanya kepada hal-hal yang lain. (QS. Al-Imran:31)
 
31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
2.      Muqsithin
Adalah orang yg adil. Artinya melakukan perbuatan dengan tidak menzalimi orang lain dan diri sendiri. Adil bisa juga diartikan dengan melaksanakn perintah Allah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Al-Qur’an dan Hadits. (QS. Al-Maidah:42)
  
42. mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak memakan yang haram[418]. jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (untuk meminta putusan), Maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka, atau berpalinglah dari mereka; jika kamu berpaling dari mereka Maka mereka tidak akan memberi mudharat kepadamu sedikitpun. dan jika kamu memutuskan perkara mereka, Maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka dengan adil, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.
[418] Seperti uang sogokan dan sebagainya.
3.      Shabirin
Sabar melaksanakan perintah Allah, sabar menjauhi larangan Allah, sabar mendapat ujian dari Allah, dan sabar mendapatkan nikmat Allah. (QS. Al-Imron:146)
 
146. dan berapa banyaknya Nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.
4.      Mutawakkilin
Adalah orang yg menyerahkan semua kpada Allah setelah dia berikhtiar. Mereka meyakini bahwa apa yang diperbuat manusia hasilnya tidak ada yang bisa memastikan.Hanya Allah-lah yang berhak menentukan hasilnya. (QS. Al-Imron:159)
 
159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.
5.      Mutathohhirin
Hamba ini pasti dicintai Allah karena dia selalu berusaha menyucikan dirinya baik jasmani maupun rohani. (QS. Al-Baqarah:222)
  
222. mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri[137] dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci[138]. apabila mereka telah Suci, Maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.
[137] Maksudnya menyetubuhi wanita di waktu haidh.
[138] Ialah sesudah mandi. Adapula yang menafsirkan sesudah berhenti darah keluar.

Semoga kita bisa melangkah menuju kelompok hamba-hamba yang dicintai Allah. Amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar